News
Korporat 08 August 2022

Intip Cara BMHS Meningkatkan Kinerja Tenaga Kesehatan

Bundamedik Healthcare System (BMHS) senantiasa menjalankan transformasi bisnis guna meningkatkan performa kinerja tenaga kesehatan di samping meningkatkan kualitas layanan kesehatan. Salah satu upaya ini adalah dengan menghadirkan tenaga kesehatan yang sigap, kompeten, dan profesional.

Baca Juga: BMHS Utamakan Kompetensi Perawat dan Bidan untuk Layanan Optimal

Tenaga kesehatan yang mempunyai keterampilan dan kesigapan tinggi serta didukung infrastruktur mumpuni akan menumbuhkan kepuasan pelanggan. BMHS mewujudkan pemahaman ini pada lini bisnis seperti  RS Bunda Group, Morula IVF, Diagnos Laboratorium, ER, IMTB dan lain sebagainya. Salah satu bentuk peningkatan kompetensi ialah penyelenggaraan Virtual Town Hall keperawatan.

Acara tersebut ditujukan untuk semua perawat di lini bisnis BMHS. Tujuannya adalah meningkatkan keterampilan, pengetahuan hingga pengalaman dalam menghadirkan asuhan keperawatan terbaik kepada para pasien.

Pelatihan Tenaga Kesehatan BMHS 2022

BMHS sendiri telah membangun pengalaman sampai lebih dari 49 tahun dalam menghadirkan pelayanan yang berfokus pada pasien. Hingga saat ini, BMHS senantiasa melatih tenaga kerja di semua lini bisnis guna meraih kompetensi tinggi dan terstandarisasi.

Manfaat dari komitmen BMHS ialah loyalnya pasien bahkan hingga beberapa generasi. Karena mereka merasa kualitas layanan dan fasilitasnya begitu memuaskan. Berikut ini beberapa pelatihan tenaga kesehatan yang dijalankan oleh BMHS.

1.      Pelatihan Perawat

Bundamedik Healthcare System menyelenggarakan pelatihan perawat berupa dokumentasi keperawatan dan pelatihan EKG. Keduanya sama-sama penting dalam menghadirkan pelayanan cepat juga berkualitas untuk pasien.

Dokumentasi keperawatan menjadi bagian penting dalam asuhan kepada pasien karena mengikuti keadaan dan perkembangan pasien. Dokumentasi sendiri bisa menjadi dasar hukum dalam menjalankan perawatan.

Perawat mempunyai tanggung jawab dalam mengumpulkan data dan mengkaji status kesehatan pasien. Lantas menentukan rencana asuhan. Tidak lupa menjalankan evaluasi mengenai rencana tersebut.

Sementara pelatihan EKG ditujukan melatih perawat dalam memeriksa EKG memakai mesin elektrokardiogram yang mencatat aktivitas listrik otot jantung. Alat tersebut menunjukkan data pada layar visual atau tercetak pada kertas.

Dalam pelatihan tersebut, setiap peserta juga wajib menafsirkan data. Peserta dilatih untuk menjalankan perekaman EKG lantas mengenali EKG normal, abnormal (aritmia) dan irama jantung lainnya yang membahayakan nyawa.

2.      Simulasi Pelatihan Pelayanan

Pelatihan tenaga kesehatan berikutnya berupa Training Service Simulation. Pelatihan ini memuat 3 modul Service Excellence Program sekaligus, berupa Service Communication, Handling Complaint dan Greeting Grooming.

Pelatihan ini ditujukan pada tenaga kesehatan yang sering berhubungan langsung dengan pasien, seperti admission, kasir, perawat poliklinik, apoteker, tenaga teknis kefarmasian, dan keamanan. Pelatihan dilaksanakan melalui permainan peran berkaitan dengan kasus sehari-hari di lapangan yang melibatkan lintas unit kerja.

Pelatihan ini ditujukan untuk menambah wawasan mengenai service excellence. Saat ini Training Service Simulation baru mencakup unit bisnis RSIA Bunda Jakarta dan RSU Bunda Jakarta, dan akan dilakukan secara menyeluruh untuk rencana kedepannya.

3.      Revitalisasi Komite Keperawatan

Peningkatan tenaga kesehatan juga termasuk pada komite keperawatan di BMHS. Pelatihan tersebut memuat pembahasan mengenai program kerja, pemetaan jenjang karir, pelaksanaan supervisi klinis dan audit mutu pelayanan, asesmen kompetensi hingga proses kredensial.

 Baca Juga: 3 Rumah Sakit Ekspansi Terbaru BMHS

4.      Sosialisasi BX-BAU Keperawatan

Sosialisasi BX-BAU Keperawatan dilaksanakan dengan memaparkan demografi keperawatan yang berfokus pada distribusi perawat, status karyawan, masa kerja, hingga jenjang profesi. Sosialisasi dijalankan pada divisi layanan perawatan, ketua komite keperawatan hingga direktur.

Sementara sejumlah strategi yang mampu menunjang BX ialah pengembangan platform nurse e-learning, digitalisasi nurse logbook, menjalankan kredensial keperawatan, juga membentuk ANC, CI & CI Coordinator.

5.      Pelatihan ICU BMHS Diklat Indonesia

Upaya peningkatan tenaga kesehatan yang terakhir adalah pelatihan ICU yang diharapkan mampu membekali perawat sehingga mampu menghadirkan asuhan kepada pasien secara intensif. Pelatihan ini menggandeng BMHS Diklat Indonesia dengan pesertanya yang melingkupi perawat RSU Bunda Jakarta, RSU Bunda Margonda dan RSU Bunda Padang. Pelatihannya diselenggarakan di RSU Bunda Jakarta dan RSU Bunda Margonda.

Apresiasi Bank BNI

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau Bank BNI menyelenggarakan acara khusus sebagai bentuk apresiasi kepada tenaga perawat dan bidan di BMHS serta sejumlah rumah sakit lainnya.

Acara tersebut bernama “BNI Berbagi” yang merupakan CSR BUMN. Tujuannya adalah memberikan perhatian dan dukungan kepada para tenaga kesehatan serta bidan yang senantiasa selalu siaga dalam menghadapi segala risiko di garda terdepan tatkala pandemi Covid-19 tiba.

BMHS mengucapkan terima kasih kepada BNI atas apresiasi yang diberikan kepada tenaga kesehatan Bundamedik Healthcare System. Perawat dan bidan sendiri memang bekerja keras selama pandemi sebab menghadapi risiko sakit yang membahayakan nyawa.

Bank BNI sendiri mengharapkan masyarakat tidak melupakan jasa tenaga kesehatan begitu Covid-19 berlalu nantinya. Sebab mereka sudah sangat berjasa dalam membantu masyarakat menghadapi Covid-19 dan berbagai penyakit lainnya.

Apresiasi dari Bank BNI juga diharapkan mampu menjadi penyemangat bagi tenaga kerja kesehatan untuk melayani masyarakat Indonesia. Jadi tenaga kerja kesehatan juga menyadari bahwa masih banyak pihak yang mengapresiasi perjuangan mereka.

Peningkatan kompetensi seluruh tenaga kerja kesehatan di setiap unit bisnis Bundamedik Healthcare System merupakan komitmen untuk menghadirkan layanan kesehatan terbaik. Tenaga kesehatan profesional diharapkan mampu menjalankan tugasnya secara maksimal.

Baca Juga: Perspektif Optimis BMHS untuk Kinerja Perusahaan Tahun 2022

Selain dari meningkatkan kinerja tenaga kesehatan, BMHS juga melakukan banyak inovasi layanan, akusisi, serta ekspansi untuk mengembangkan ekosistem layanan kesehatan mereka. Simak selengkapnya di sini, kegiatan CSR mereka di sini, dan informasi aset BMHS di sini.

LinkedIn
Facebook
Twitter

Stay in touch with us!

Let’s keep you informed with our latest projects and news.