News
Kesehatan 05 August 2022

Pentingnya Pemeriksaan DNA untuk Bakat Anak

Umumnya orang hanya mengetahui pemeriksaan DNA sebagai prosedur guna mengetahui garis keturunan maupun risiko atas penyakit tertentu. Akan tetapi, sebenarnya ada banyak manfaat lain dari tes tersebut.

Baca Juga: Bunda Lahirkan Generasi Sehat dan Cerdas

Tes DNA sendiri biasanya dijalankan dengan mendeteksi perubahan gen dan kromosom yang dapat dimanfaatkan sebagai acuan untuk merancang gaya hidup sesuai kebutuhan genetik masing-masing orang.

Tes DNA juga mampu menunjukkan informasi keunikan individu dalam bentuk bakat dan minat seorang anak. Dengan mengetahui informasi ini lebih awal, orang tua tentu dapat mengetahui bentuk pendidikan dan penyaluran bakat yang lebih tepat bagi anak sejak dini juga.

Apa Itu Pemeriksaan DNA?

Tes DNA (deoxyribonucleic acid) ialah tes genetik yang dilakukan dengan tujuan mengidentifikasi perubahan pada gen, kromosom atau protein dalam tubuh. Pengujian genetik tersebut melibatkan pemeriksaan pada material DNA dari tubuh individu yang akan diperiksa.

DNA adalah molekul yang menyimpan seluruh informasi genetik dan membawa instruksi pada fungsi tubuh. Molekul ini juga  berperan dalam menentukan jenis rambut, warna kulit, imunitas tubuh,  sampai karakteristik fisik khusus atas tubuh.

Banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh apabila menjalankan pemeriksaan DNA. Anda bahkan mampu mengetahui risiko kelainan genetik pada janin dalam kandungan.

Untuk kepentingan medis, tes DNA dapat menjadi acuan untuk mendiagnosis kondisi genetik. Ketika berkaitan dengan kanker, pemeriksaan tersebut bisa membantu dalam pencegahan atau perawatan. Berikut ini beberapa jenis pemeriksaan DNA:

1.      Diagnostik

Tes diagnostik ini biasanya diaplikasikan pada seseorang untuk mengetahui gejala penyakit genetik seperti Huntington dan fibrosis kistik.

2.      Pre-Simptomatik

Tes presimptomatik dilakukan ketika diketahui bahwa terdapat beberapa orang dari keluarga tercatat memiliki riwayat penyakit genetik. Dengan demikian, pemeriksaan akan menunjukkan risiko orang tersebut untuk mengalami penyakit yang sama.

3.      Uji Pembawa (carrier)

Pemeriksaan DNA bukan hanya mampu menunjukkan risiko terjangkitnya penyakit sama dengan keluarga. Uji pembawa bisa menunjukkan apakah Anda atau pasangan berpotensi menjadi pembawa kondisi serupa pada anak.

4.      Farmakogenetik

Farmakogenetik ditujukan untuk membantu dokter dalam menetapkan jenis dan dosis obat terkait dengan keadaan genetik seseorang. Anda juga dapat menjalani uji ini ketika mempunyai penyakit tertentu.

5.      Pralahir

Tes pralahir bisa dijalani ketika sedang hamil untuk mengetahui keadaan bayi begitu lahir nantinya. Uji ini akan menunjukkan potensi mengenai kelainan gen pada bayi.

6.      Skrining Bayi

Tes DNA juga dapat dilakukan begitu bayi lahir sehingga orang tua dapat segera mengetahui apakah ada kelainan genetik atau metabolisme pada bayi. Pemeriksaan dini akan membantu menentukan perawatan dan pengobatan secepat mungkin.

Baca Juga: 3 Rumah Sakit Ekspansi Terbaru BMHS

7.      Pra-implantasi

Tes pra-implantasi dilaksanakan bagi calon orang tua yang mengikuti program bayi tabung. Uji ini dapat membantu calon orang tua untuk mengidentifikasi keadaan genetik anak nantinya.

DNAandMe dari Diagnos Genomics

Diagnos, salah satu anak usaha PT Bundamedik Tbk, memanfaatkan pemeriksaan DNA bukan hanya untuk membuktikan garis keturunan, melainkan juga menunjukkan bakat anak dan risiko penyakitnya. Peluncuran layanan ini juga diadakan di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, pada Selasa, 19 Juli 2022. Terlihat Puput Ahok, Caca Tengker, Audy, dan sejumlah tokoh terkenal lainnya ikut meramaikan acara.

Diagnos merupakan penyedia layanan laboratorium lengkap yang terus berinovasi sebagai upaya untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. PT Diagnos Laboratorium Utama Tbk (DGNS) meluncurkan produk DNAandMe yang merupakan pemeriksaan genetik dari Diagnos Genomics. Produk ini sangat bermanfaat untuk memberikan informasi mengenai keunikan seorang individu berdasarkan susunan gen yang menyusun seorang individu tersebut.

Layanan Diagnos Genomics ini berfokus melayani pemeriksaan genetik untuk kesehatan reproduksi, ibu hamil, calon orang tua, dan pemeriksaan terkait onkologi.

Tes DNA ini dijalankan dengan prosedur swab atau tes usap pada bagian dalam pipi. Setelahnya, sampel akan diuji dalam laboratorium dan kemudian hasilnya dapat dilihat melalui aplikasi DNAandMe. Aplikasi ini akan memudahkan pengguna dalam melakukan pemesanan, mengunduh hasil pemeriksaan, reservasi jadwal konsultasi, serta mengakses konten informatif dan edukatif

Diagnos Genomics memanfaatkan berbagai teknologi dalam bidang molekuler diagnostik dari PCR konvensional, MicroArray, PCR digital, hingga Next Sequencing Generation yang merupakan teknologi terbaru.

Diagnos Genomics akan mengidentifikasi variasi genetik dan mengambil informasi mengenai kesehatan, bakat, sifat hingga karakteristik seseorang yang menjalani tes. Pemeriksaan genetik yang disediakan oleh Diagnos Genomics bernama DNAandMe di mana orang tua dan anak dapat memperoleh informasi tentang keunikan berdasarkan gen dari satu pemeriksaan.

Uji genetik mampu memberikan informasi mengenai bakat sehingga orang tua bisa memberikan pengarahan masa depan anak lebih awal. Pemeriksaan DNA perlu dilakukan secara tenang, dan anak juga harus dipastikan tidak mengkonsumsi makan atau minuman satu jam sebelum pemeriksaan.

Uji genetik dari Diagnos Genomics mempunyai tingkat akurasi tinggi sampai 98,5%. Uji ini dapat menunjukkan berbagai informasi seperti profil unik diri, tipe kepribadian dan perilaku, potensi akademik maupun non-akademik, risiko kesehatan, keperluan nutrisi serta lainnya.

Setelah mengetahui sifat dan bakat anak sejak dini, orang tua dapat memaksimalkan potensi dan meminimalkan risiko yang mungkin terjadi pada masa depan. Adanya informasi risiko kesehatan dapat menjadi panduan untuk membangun gaya hidup terbaik untuk anak.

Baca Juga: BMHS Utamakan Kompetensi Perawat dan Bidan untuk Layanan Optimal

Ketahui bagaimana Anda dapat meningkatkan kualitas hidup anak lebih lanjut di laman ini, dan kegiatan CSR lain BMHS di sini. Anda juga dapat membaca mengenai informasi aset BMHS di sini.

LinkedIn
Facebook
Twitter

Stay in touch with us!

Let’s keep you informed with our latest projects and news.