News
Korporat 27 July 2022

BMHS Utamakan Kompetensi Perawat dan Bidan untuk Layanan Optimal

Kompetensi perawat dan bidan bukan hanya dibentuk ketika menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Namun juga perlu dikembangkan oleh tempat penyedia layanan kesehatan yang mempekerjakan mereka.

Baca Juga: Suntik Modal Bunda Medika Dewata dari BMHS

PT Bundamedik Tbk (BMHS) menyadari pentingnya hal tersebut. Perusahaan ini lantas berupaya melakukan transformasi bisnis guna meningkatkan performa kinerja dan kualitas layanan kesehatannya.

Bundamedik mempunyai komitmen tinggi dalam meningkatkan mutu dan keterampilan pada team medis dan paramedis. Sehingga mampu memberikan layanan memuaskan bagi pasien di RS Bunda Group, Morula IVF, Diagnos Laboratorium dan ER.

Kompetensi Perawat di Bundamedik Healthcare System

Perawat adalah salah satu garda terdepan yang mempunyai peran penting dalam pelayanan kesehatan. Mereka bertugas memberikan asuhan keperawatan sehingga mempunyai intensitas tinggi dalam berinteraksi dengan pasien.

Agar mampu memberikan asuhan keperawatan secara optimal dan memberikan kepuasan kepada pasien, dibutuhkan kompetensi yang terus diasah. Hal tersebut juga mengikuti kebutuhan masyarakat yang terus berkembang.

Sedangkan perawat profesional ialah tenaga medis profesional yang sudah menjalani program pendidikan profesi keperawatan. Mereka bekerja secara otonom atau berkolaborasi bersama tenaga kesehatan lainnya.

Jadi, kompetensi perawat dapat dimaknai sebagai kemampuan profesi terkait dalam menjalankan tugasnya. Kinerja mereka dapat dinilai oleh pasien apakah mampu memberikan pelayanan memuaskan atau tidak.

Tenaga medis tersebut perlu menjalankan tugasnya dalam memberikan asuhan keperawatan berdasarkan pengetahuan yang sudah diterima. Aktivitas tersebut juga perlu didasarkan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam menjalankan tugasnya, tidak jarang tenaga medis tersebut perlu berkonsultasi dengan pasien dehingga mampu memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan pasien secara khusus.

Bundamedik Healthcare System (BMHS) menyadari pasien memerlukan dukungan psikologi, fisik, kepedulian dan informasi kesehatan dari perawat. Karenanya, BMHS juga berkomitmen meningkatkan kompetensi perawat secara berkala.

Salah satu upaya peningkatan kompetensi dilakukan oleh PT Bundamedik Tbk yang menyelenggarakan Virtual Town Hall Keperawatan untuk semua perawat BMHS. Aktivitas tersebut ditujukan untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan dan pengalaman dalam memberikan asuhan keperawatan kepada pasien.

Baca Juga: Kerjasama BMHS dengan 70 Mitra Asuransi

Output yang diharapkan dari terlaksananya Virtual Town Hall Keperawatan ialah semua peserta mampu memperoleh ilmu. Baik itu jajaran perawat manajerial maupun pelaksana yang berpraktik di Bundamedik Healthcare System.

Kompetensi Bidan di Bundamedik Healthcare System

Bidan adalah profesi yang senantiasa mengalami perkembangan. Seorang bidan wajib mempertahankan profesionalitasnya sembari mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Profesionalitasnya berkaitan erat dengan kompetensi.

Seorang bidan perlu mempunyai kompetensi klinis hingga sosial-budaya supaya mampu menganalisa maupun memberikan solusi. Guna memberikan pelayanan kepada perempuan, keluarga hingga masyarakat yang membutuhkan.

Supaya mampu menghadirkan pelayanan kebidanan yang bermutu dan berkesinambungan, seorang bidan perlu memahami falsafah, kode etik dan regulasi terkait dengan praktik kebidanan. Tugas bidan sendiri termuat dalam peraturan perundang-undangan.

Seorang bidan perlu menghadirkan pelayanan dalam hal kesehatan ibu, kesehatan anak, kesehatan reproduksi perempuan dan keluarga berencana. Tenaga medis ini juga perlu mengembangkan sikap ramah, terampil dan tanggap dalam menjalankan tugasnya.

Kompetensi bidan di BMHS tidak kalah pentingnya dengan kompetensi perawat, sehingga keduanya mendapatkan program peningkatan mutu dan keterampilan yang sistematis dan berkesinambungan dari Bundamedik Healthcare System.

Bundamedik Healthcare System memang senantiasa mengembangkan performa kinerja maupun kualitas layanan kesehatannya. Perusahaan ini terus menerus bertransformasi sehingga mampu memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap layanan kesehatan terbaik.

Tenaga medis berkompetensi tinggi ialah salah satu tujuan utama dari patient centered services yang ditawarkan oleh BMHS. Oleh sebab itu, kompetensi perawat dan bidan terus dikembangkan di semua lini bisnis BMHS.

Baca Juga: Perspektif Optimis BMHS untuk Kinerja Perusahaan Tahun 2022

Ketahui optimalisasi BMHS lainnya di sini, dan aktivitas CSR mereka di sini. Anda juga dapat membaca mengenai informasi aset BMHS di sini.

LinkedIn
Facebook
Twitter

Stay in touch with us!

Let’s keep you informed with our latest projects and news.