News
Korporat 25 April 2022

BMHS Incar Perkembangan Teknologi untuk Tahun 2022

Perkembangan teknologi di dunia kesehatan terus berkembang untuk memenuhi segala tuntutan dan menyelamatkan lebih banyak nyawa melalui pemeriksaan yang akurat dan perawatan yang tepat. Agar penyembuhan terhadap berbagai penyakit bisa teratasi dengan baik, kondisi ini mendukung peningkatan pelayanan yang sedang dilakukan Bundamedik Healthcare System (BHMS).

Baca Juga: Mengenal Diagnos Laboratorium, Lab Terpercaya BMHS

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan teknologi Robotic Surgery dalam layanan tindakan bedah di beberapa rumah sakit BMHS. Dengan teknologi robotik yang dapat menghasilkan sayatan yang lebih presisi dan stabil, juga di bawah pengawasan dokter profesional sebagai pengendali tangan robot, perkembangan teknologi ini diharapkan dapat berkembang menjadi teknologi kedokteran menyelamatkan lebih banyak pasien di depannya.

Mengenal Perkembangan Teknologi Robotic Surgery

Sejak awal penggunaannya di RSU Bunda Jakarta, teknologi robotic surgery telah menghasilkan banyak operasi yang sukses dengan luka bedah yang minimal. Luka bedah yang minimal ini juga membutuhkan sedikit waktu pemulihan, sehingga pasien tidak butuh waktu lama untuk kembali ke aktivitas sebelumnya,

Beberapa keuntungan lain dari robotic surgery adalah mampu menekan pasien agar tidak kehilangan banyak darah berkat hasil sayatan cukup kecil dengan hasil yang tetap presisi dan seimbang. Tidak terlalu besar atau kecil, sehingga dokter tetap dapat bekerja dengan tepat dan luka hasil operasi juga dapat sembuh dengan cepat.

Selain itu, dari segi proses penyembuhan penggunaan perkembangan teknologi di bidang kesehatan ini tergolong lebih cepat. Apalagi, pasca operasi biasa, pasien dilarang untuk melakukan gerakan terutama di bagian jahitan. Semakin lebar maka proses sembuh juga butuh waktu, inilah alasannya mengapa pemanfaatan robotic di dunia kesehatan sangat diperlukan.

Keuntungan terakhir adalah tingkat keberhasilan operasi sangat tinggi. Tiap operasi tentu dituntut untuk memberikan hasil terbaik, namun tangan manusia dapat tetap melakukan kesalahan teknis seperti sayatan yang terlalu lebar ataupun gerakan yang tidak stabil, sehingga hasil terbaik bedah konvensional tetap dapat memberikan luka atau waktu pemulihan yang cukup lama.

Baca Juga: IMTB : Agensi Kesehatan Bertaraf Internasional di Indonesia

Berbeda dengan perkembangan teknologi robotic, dimana rata-rata angka keberhasilannya hampir mencapai 90%. Hal ini juga telah dibuktikan dari sejumlah operasi RS Bunda Group serta beberapa rumah sakit luar negeri yang telah menggunakan teknologi ini.

Inovasi Operasi yang Lebih Mudah Berhasil

Perkembangan teknologi robotic surgery di Indonesia dimulai di RSU Bunda Jakarta pada tahun 2012 lalu, dan kini, sudah ada 16 dokter spesialis tersertifikasi robotic surgery. RSU Bunda Jakarta juga telah mengembangkan berbagai spesialisasi yang dapat menerima metode robotic surgery, dengan hampir 600 kasus beragam yang sudah ditangani, mulai dari kasus ginekologi hingga urologi.

Teknologi robotic surgery menjadi salah satu fokus perkembangan BMHS karena metode bedah yang dihasilkan membutuhkan waktu yang lebih singkat ketimbang metode operasi konvensional.

Dalam metode robotic surgery, dokter yang menggerakkan tangan-tangan robot. Dengan demikian, dokter bertindak sebagai pihak yang mengambil keputusan, dan tangan-tangan robot yang lebih stabil dari tangan manusia yang menjalankan perintah dokter.

Presiden Joko Widodo sendiri sempat menyebutkan betapa pentingnya dapat mengadopsi perkembangan teknologi robotic surgery untuk mengimbangi kemajuan kedokteran luar negeri. Hal ini juga penting mengingat tingginya jumlah masyarakat Indonesia yang berobat ke luar negeri.

Perjalanan berobat ke luar negeri ini disebut juga medical tourism di mana warga Indonesia yang mengunjungi negara lain untuk berobat juga cenderung melakukan pariwisata. Medical tourism didorong oleh anggapan bahwa kedokteran Indonesia lebih inferior dari kedokteran luar negeri. Hal ini sangat merugikan devisa negara arena itu penting untuk terus mengembangkan ketersediaan teknologi dan tenaga ahli yang memadai.

Baca Juga: Berkenalan dengan Rumah Sakit dan Klinik BMHS

Baca lebih lanjut tentang target BMHS untuk tahun 2022 di sini, dan aset mereka di sini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat melihat kegiatan CSR di sini.

LinkedIn
Facebook
Twitter

Stay in touch with us!

Let’s keep you informed with our latest projects and news.