News
22 April 2022

Prospek Saham Rumah Sakit di Tengah Gelombang Omicron

Peningkatan kasus Covid-19 sejak ditemukannya varian Omicron bisa menjadi sentimen positif terhadap saham rumah sakit. Meskipun demikian, tingkat pertumbuhan keuntungan emiten rumah sakit tahun ini diperkirakan kembali normal.

Baca Juga: Pembangunan RSU Bunda Vida dan Akuisisi RS Citra Harapan untuk Pelayanan Medis Bekasi

Analis CGS CIMB Sekuritas, Marcella Regina dan Patricia Gabriela, mengatakan bahwa dalam tiga pekan setelah libur panjang terjadi lonjakan kasus Covid-19, khususnya varian Omicron, dengan kenaikan 15 ribu kasus per hari sejak akhir Januari 2022. Bahkan, kasus Covid-19 telah mencapai 27 ribu kasus per 3 Februari 2022. Angka tersebut tertinggi sejak Agustus 2021.

Sedangkan jumlah penduduk yang telah divaksin telah mencapai 88% dari total populasi dan telah mencapai 100% yang sudah menerima vaksinasi tahap I. Dengan demikian, investasi saham rumah sakit masih memiliki potensi yang baik.

Potensi Saham Rumah Sakit selama Pandemi

Menurut hasil review Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) terhadap klaim rumah sakit atas tagihan penggantian biaya perawatan pasien COVID-19 Tahun 2020, tunggakan tagihan yang memenuhi syarat formal untuk dibayarkan adalah sebesar Rp 2,56 triliun untuk 909 rumah sakit, termasuk koreksi lebih bayar senilai Rp 760 miliar pada 258 rumah sakit.

Equity Analyst, Kanaka Hita Solvera Andhika Cipta Labora, melihat prospek kinerja rumah sakit dengan lebih optimistis. Andhika menilai bahwa anggaran negara senilai Rp 2,56 triliun atau 9,4% dari total anggaran belanja negara menjadi wujud keseriusan pemerintah untuk terus membenahi sektor kesehatan.

Selain itu, pasien covid-19 di samping pasien non-covid tetap bisa memberikan dampak positif untuk menjaga raihan pendapatan. Andhika menyimpulkan bahwa emiten rumah sakit selama tahun 2022 akan tetap terjaga.

Analis Henan Putihrai Sekuritas, Jono Syafei, juga berpandangan bahwa pendapatan emiten rumah sakit pada tahun ini tetap bisa tumbuh. Jono memperkirakan kontribusi dari pasien covid akan jauh lebih sedikit, dengan estimasi 25%-30% di 2021, menjadi tidak sampai 5%.

Baca Juga: IMTB : Agensi Kesehatan Bertaraf Internasional di Indonesia

Emiten rumah sakit juga diprediksi akan tetap gencar melakukan ekspansi secara organik maupun anorganik. Dengan BMHS yang mulai melakukan digitalisasi untuk efisiensi proses bisnis, kinerja emiten rumah sakit memiliki potensi yang menjanjikan untuk terus bertumbuh.

Saham BHMS yang Dinilai Mendulang Untung

Demi menumbuhkan nilai saham rumah sakit, beberapa diantara perusahaan termasuk BHMS sudah mengupayakan berbagai macam cara. Salah satunya adalah dengan selalu mengevaluasi pelayanannya terhadap publik hingga dapat terus memberikan kemudahan.

Upaya lainnya adalah dengan terus menambah mitra medis di berbagai daerah. Langkah itu ternyata juga mampu menarik tinggi saham rumah sakit yang mengadakan kesepakatan. Pengembangan inilah harus dilihat oleh tiap calon investor.

Memantau Perkembangan

Indeks emiten sektor kesehatan mulai menguji level-level tertinggi, melanjutkan tren sejak Agustus 2021 yang terus naik. Dibayangi varian Omicron, saham-saham sektor kesehatan diprediksi masih berpotensi menguat.

VP Samuel Sekuritas Indonesia, Muhammad Al Fatih, dalam 2nd Session Closing IDX, mengingatkan bahwa selama IDX Health tidak lebih rendah dari1460, maka potensinya juga masih cukup tinggi.

Menurut Al Fatih, meski terdapat  sedikit goncangan saat pengumuman suku bunga, kenaikan saham-saham kesehatan juga dipengaruhi oleh momentum penanganan dan potensi kenaikannya masih cukup besar. Al Fatih juga menambahkan bahwa keberadaan vaksin booster dapat mempengaruhi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan juga emiten-emiten sektor kesehatan.

BMHS sendiri dinilai menjadi salah satu emiten rumah sakit dengan prospek yang cerah. Selain karena BMHS telah memiliki brand yang kuat, banyak unit medis BMHS yang sudah memiliki rekam jejak yang mumpuni.

Analis Ciptadana Sekuritas, Robert Sebastian, sendiri menyebutkan bahwa BMHS merupakan salah satu penyedia layanan kesehatan terkemuka di Indonesia dengan rekam jejak dan keahlian yang kuat di segmen wanita dan anak.

Baca Juga: Rencana Pertumbuhan BMHS untuk Tahun 2022

Baca lebih lanjut tentang prospek saham rumah sakit di sini, dan aset BMHS di sini. Lihat halaman iniuntuk kegiatan CSR BMHS.

LinkedIn
Facebook
Twitter

Stay in touch with us!

Let’s keep you informed with our latest projects and news.