News
Kesehatan 15 April 2022

Pelayanan RS Bunda Group Selama Bulan Ramadhan

Di bulan Ramadhan, seringkali kondisi tubuh kita tidak siap dengan perubahan pola makan. Hal ini yang menyebabkan munculnya beberapa gejala kesehatan yang dapat mengganggu kesehatan Anda. Karena itulah penting untuk memeriksakan kesehatan diri setelah masa puasa.

Baca Juga: Pertumbuhan dan Perkembangan Unit Non-Covid BMHS

Pemeriksaan kesehatan sebaiknya dilakukan secara menyeluruh pada tubuh. Dalam bulan Ramadhan ini, RS Bunda Group tetap melayani pasien seperti biasanya. Dengan demikian Anda tetap dapat memperoleh pelayanan kesehatan yang memadai.

Kondisi Kesehatan yang Dipengaruhi Bulan Ramadhan

Saat menjalani puasa, salah satu hal harus kita perhatikan adalah kondisi kesehatan. Jangan pernah memaksakan diri untuk berpuasa, apabila kondisi tidak memungkinkan, berikut beberapa kondisi kesehatan yang dapat dipengaruhi saat sedang berpuasa.

1. Sakit Kepala

Sakit kepala umum terjadi ketika tubuh mengalami kekurangan nutrisi, dan dalam bulan Ramadhan, sakit kepala dapat terjadi karena kurangnya pasokan gula ke dalam tubuh, sementara aktivitas masih berlangsung seperti pada hari biasa.

2. Gula Darah rendah

Karena kurangnya asupan, Anda dapat mengalami gula darah rendah yang ditandai dengan lesu, pusing, mudah lelah, konsentrasi buruk, mudah berkeringat, dan sakit kepala.

3. Tekanan Darah Rendah

Sama seperti gula darah rendah. Kondisi tekanan darah rendah juga diakibatkan oleh kurangnya asupan namun aktivitas tetap berjalan. Tekanan darah rendah ditandai dengan keringat berlebih, rasa lemas, letih, lesu, tak ada energi, pusing terutama saat bangun dari posisi duduk, pucat, dan merasa ingin pingsan.

Baca Juga: Berkenalan dengan Rumah Sakit dan Klinik BMHS

4. Dehidrasi

Saat puasa, tentunya Anda juga akan menghabiskan banyak waktu tanpa minum sedikitpun. Hal ini sangat mudah untuk memicu dehidrasi yang tentunya dapat menganggu kondisi kesehatan secara keseluruhan. Penting untuk melakukan rehidrasi saat berbuka puasa dengan menkonsumsi banyak cairan.

5. Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan di bulan Ramadhan biasanya terjadi karena nutrisi pada makanan yang dikonsumsi tidak sesuai. Maka dari itu terjadi masalah pencernaan, seperti diare, sembelit, mual dan muntah, hingga kram usus.

6. Vertigo

Vertigo biasanya terjadi selama beberapa bulan. Ketika sedang menjalani puasa, terkadang vertigo bisa saja kambuh karena Anda tidak mengonsumsi makanan ataupun minuman apapun dalam rentang waktu tertentu. Untuk mencegah vertigo kambuh saat berpuasa, Anda harus menjaga pola makan dan tidur, berolahraga secara teratur dengan jenis olahraga seperti yoga dan pilates.

7. Gangguan Saraf

Saat puasa, beberapa gangguan yang tak terduga sebelumnya dapat terjadi, seperti gangguan saraf. RS Bunda Group menyediakan fasilitas kesehatan lengkap yang melayani gangguan saraf dalam bulan Ramadhan sekalipun. Team dokter spesialistik dan teknologi brain imaging modern, hingga tindakan intervensi medis DSA selalu siaga untuk berbagai kasus gangguan saraf dan pembuluh darah otak.

8. Jantung

Jantung dan tekanan darah kadang mengalami gangguan akibat puasa, maka untuk menjaga tubuh tetap dalam kondisi prima, tidak ada salahnya jika Anda ingin memeriksakan tubuh ke dokter terlebih dahulu. Bunda Heart Center di RSU Bunda Jakarta siap untuk menerima keluhan jantung Anda dalam bulan Ramadhan juga. Unit cath lab dapat menangani pasien yang membutuhkan tindakan intervensi pembuluh darah jantung untuk tindakan life saving.

Unit Emergensi RS Bunda Group Siap Sedia

RS Bunda Group tetap beroperasi seperti biasa saat di bulan Ramadhan, terutama RSU Bunda di cabang Jakarta, Padang, Citra Harapan Bekasi dan Margonda. Tiap unit ini selalu siap seperti biasa dan siap melayani kapan saja Anda membutuhkan layanan kami.

Selain itu jika pasien membutuhkan tindakan intervensi jantung di Heart Center RSU Bunda Jakarta, maka kami dapat menggunakan fasilitas Medevac (Medical Evacuation) untuk transportasi medis yang cepat dan aman didampingi staf medis. Berbagai fasilitas selalu kami berikan yang terbaik untuk pasien, agar kesehatannya bisa pulih kembali.

Menyediakan layanan kesehatan unggulan dengan tenaga kesehatan profesional, menjadi salah satu bagian terpenting dalam RS Bunda Group, yang siap sedia memberikan pelayanan selama bulan Ramadhan.

Baca Juga: Pembangunan RSU Bunda Vida dan Akuisisi RS Citra Harapan untuk Pelayanan Medis Bekasi

Untuk melihat informasi lebih lanjut tentang BMHS dan RS Bunda Group, klik di sini. Anda juga dapat melihat kegiatan CSR BMHS di sini. Baca lebih lanjut tentang aset BMHS di sini.

LinkedIn
Facebook
Twitter

Stay in touch with us!

Let’s keep you informed with our latest projects and news.