News
Korporat 20 April 2022

Pertumbuhan dan Perkembangan Unit Non-Covid BMHS

Bundamedik Healthcare System (BMHS) berhasil mencetak pertumbuhan bisnis non-COVID hingga 26% di tahun 2021, dan peningkatan jumlah tempat tidur sebesar 40%. Komisaris Utama BMHS, Ivan Sini, memaparkan bahwa selama 2021, perseroan terus beradaptasi dan meningkatkan performa ekosistem layanan dengan berfokus pada empat strategi utama.

Baca Juga: Mengenal Diagnos Laboratorium, Lab Terpercaya BMHS

Empat strategi tersebut terdiri dari perluasan ekosistem perusahaan secara agresif, memperluas kerjasama dengan mitra-mitra strategis, meningkatkan kualitas lini bisnis utama, dan mengupayakan pertumbuhan bisnis yang resilien untuk memaksimalkan potensi industri yang diprediksi terus tumbuh signifikan. Upaya tersebut di antaranya adalah melanjutkan ekspansi baik secara organik maupun akuisisi, juga memperdalam kerja sama dengan partner strategis yang sudah ada.

Semua upaya ini ditujukan agar pasien dapat menikmati fasilitas dan pengobatan yang semakin mudah serta nyaman. Dengan semangat yang sama, keinginan untuk menumbuhkan kembali angka tersebut terbuka lebar.

Pertumbuhan dan Perkembangan Berdasarkan 4 Fokus Utama

Fokus tersebut terdiri dari perluasan ekosistem perusahaan. Artinya bukan hanya pada satu bidang saja, melainkan sudah menyeluruh sehingga semua kebutuhan pasien bisa dipenuhi. Fokus lainnya meliputi :

1.      Kerap Menambah Kerjasama Mitra

Poin utama dan alasan mengapa pertumbuhan dan perkembangan tersebut terus terlihat adalah dengan adanya kerjasama dengan berbagai mitra. Contohnya seperti kolaborasi BMHS dengan UNAIR, Klinik Pintar, hingga akuisisi RSJP Paramarta Bandung.

Dengan hadirnya berbagai mitra dengan berbagai spesialisasi membuat pasien mempunyai banyak opsi untuk menikmati setiap layanan BMHS. Tiap kolaborasi ini harapannya dapat membantu BMHS menyebarkan fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia dengan merata.

2.      Penguatan Pelayanan

Fokus lainnya yang jadi alasan mengapa pertumbuhan dan perkembangan menunjukkan hasil positif adalah adanya penguatan pelayanan. Terutama dari sisi customer service yang menjadi garda terdepan dalam menangani masalah pasien.

Selain itu, penanganan penyakitnya sudah berkembang dengan hadirnya laboratorium canggih seperti Diagnos Laboratorium. Keadaan ini membuat tingkat keakuratannya sendiri bertambah, dan diharapkan bisa mencapai 100% dalam sekali pengujian.

Baca Juga: IMTB : Agensi Kesehatan Bertaraf Internasional di Indonesia

3.      Pertumbuhan Unit yang Resilien

Pertumbuhan dan perkembangan terakhir dari BHMS adalah pertumbuhan unit resilien. Artinya, mereka selalu mampu beradaptasi dengan apa saja.

Kemampuan adaptasi yang baik akan membuat pertumbuhan berbagai unit semakin tinggi. Jika satu unit medis BMHS dapat menangani banyak penyakit, tentunya ini berarti.

4.      Akuisisi Sebagai Langkah Berikutnya

Demi meningkatkan target pertumbuhan dan perkembangan serta menjalankan fokus yang selama ini sudah berjalan, BMHS kerap melakukan akuisisi rumah sakit dan unit medis lain.

Salah satu akuisisi juga dilakukan terhadap Morula IVF Surabaya serta RSIA Pusura Tegalsari Surabaya. Akuisisi ini juga memperkuat posisi Morula IVF Indonesia sebagai salah satu bisnis unggulan BMHS. Saat ini, Morula IVF telah memproses 5.855 jumlah cycle. 

Selain akuisisi tersebut, BMHS juga memperluas jangkauannya dengan membuka klinik dan rumah sakit di kota-kota lain seperti Palembang dan Denpasar. Secara keseluruhan, jumlah klinik yang berada dalam ekosistem BMHS naik 2 kali lipat dibandingkan 2020. BMHS juga memperluas ekosistem lewat kerjasama strategis dengan 150 jaringan Klinik Pintar dan 102 Klinik Fertilitas Indonesia (KFI).

Pembukaan KFI ini akan memberikan kontribusi yang signifikan dalam membantu perluasan jangkauan BMHS ke provinsi di Indonesia. Penguatan core bisnis melalui pengembangan digitalisasi layanan seperti robotic surgery di RSU Bunda juga masih menjadi fokus perusahaan guna mendukung daya saing perusahaan di tengah masyarakat 5.0 dan tingginya adopsi digital masyarakat saat ini.

Investasi dalam ekosistem digital akan terus ditingkatkan dan menjadi salah satu inisiatif strategis perusahaan dalam mendorong pertumbuhan. Dengan demikian, BMHS dapat terus menyediakan layanan kesehatan terdepan untuk seluruh Indonesia.

Baca Juga: Berkenalan dengan Rumah Sakit dan Klinik BMHS

Simak perkembangan BMHS lainnya di sinidan aset BMHS di sini. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kegiatan CSR BMHS, silakan kunjungi halaman ini.

LinkedIn
Facebook
Twitter

Stay in touch with us!

Let’s keep you informed with our latest projects and news.