News
11 April 2022

IMTB : Agensi Kesehatan Bertaraf Internasional di Indonesia

IMTB (Indonesian Medical Tourism Board) merupakan sebuah fasilitas kesehatan yang siap memberikan pengalaman menarik bagi Anda dalam melakukan medical tourism. Pembentukannya sendiri terinspirasi dari banyaknya warga Indonesia yang sering pergi ke luar negeri untuk berobat.

Baca Juga: Kembangkan Gaya Hidup Sehat Bersama Bundamedik Healthcare System

Meski tidak benar, stigma bahwa kedokteran Indonesia jauh lebih inferior merupakan hal yang masih dipercayai oleh warga Indonesia sendiri. Karena stigma ini, mereka sering ke Singapura, Malaysia, dan Eropa untuk berobat sekaligus pariwisata. Bila diteruskan, hal ini akan memberikan dampak buruk yang sangat besar bagi devisa negara.

Situasi Pandemi COVID-19 merupakan salah satu kesempatan untuk membalik situasi terhadap stigma tersebut. Karena masyarakat kini tak bisa bebas melakukan perjalanan ke luar negeri untuk berobat, IMTB dapat menyediakan layanan kesehatan berstandar internasional pada masyarakat Indonesia. Di Indonesia sendiri sudah banyak terdapat fasilitas kesehatan yang berskala internasional.

Kini, hampir seluruh rumah sakit di Indonesia sudah mampu menangani beberapa masalah medis serius. Indonesian Medical Tourism Board (IMTB) menyatakan beberapa klinik dan rumah sakit siap untuk memberikan pelayanan kelas dunia bagi masyarakat Indonesia dan internasional.

Beberapa di antaranya adalah Morula IVF, RS Bunda Group, Diagnos, dan banyak lagi yang lainnya. Sejumlah rumah sakit tersebut bahkan mampu bersaing dengan rumah sakit di Malaysia dan Singapura yang selama ini menjadi rujukan masyarakat Indonesia.

Bukan hanya menyembuhkan melalui obat saja, melainkan proses healing menikmati seluruh destinasi wisata. Karenanya, IMTB didirikan untuk membantu memenuhi tuntutan pasien saat ini

IMTB sebagai Upaya Menumbuhkan Perekonomian

Pada 2019, terdapat 900.000 penduduk Indonesia yang menjalani pengobatan di luar negeri. Jika kondisi tersebut dapat diatasi dan masyarakat Indonesia memilih untuk menjalani Medical Tourism di Indonesia, maka potensi ekonomi Indonesia melalui  Medical Tourism dapat mencapai Rp20,7 triliun per tahun.

Selain karena stigma kualitas kedokteran luar negeri, para pasien yang tidak memilih untuk menyembuhkan diri dengan sumber daya Inodnesia juga akan menyempatkan diri untuk jalan-jalan menikmati destinasi wisata sekitar. Inilah fokus dari Indonesian Medical Tourism Board.

BMHS sebagai salah satu perusahaan bisnis kesehatan di Indonesia memperkenalkan Medical Tourism di Indonesia melalui unit bisnis Indonesia Medical Tourism Board (IMTB). IMTB menjadi kanal untuk meningkatkan akses menuju fasilitas pelayanan kesehatan serta fasilitas pariwisata di Indonesia, khususnya pada masa pandemi ini.

Selain itu, IMTB yang merupakan bagian dari BHMS berupaya membenahi fasilitas pelayanan dari waktu ke waktu. Misalnya saja, memberikan akses mudah dalam melakukan reservasi akomodasi terhadap berbagai layanan kesehatan.

Keberlangsungan Medical Tourism di Indonesia melalui IMTB akan sangat membantu devisa negara melalui sektor pariwisata domestik, pengenalan fasilitas kesehatan di Indonesia baik kepada masyarakat Indonesia maupun wisatawan mancanegara, serta peningkatan kemandirian Indonesia dalam layanan kesehatan termasuk peningkatan devisa negara.

Dengan didirikannya IMTB, BMHS mengharapkan adanya dampak positif terutama pada peningkatan peluang pariwisata di masa pandemi dan menjadi pioneer pengembangan Medical Tourism di Indonesia

Peningkatkan Kualitas Layanan Kesehatan

Penggunaan layanan dari BHMS ini tidak hanya untuk satu penyakit tertentu saja, melainkan hampir secara keseluruhan, termasuk mengenai masalah kesuburan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan warga Indonesia pada kedokteran dalam negeri juga.

IMTB memberikan kemudahan dan kenyamanan dengan sistem integrasi di mana Anda mendapatkan prioritas agar segera memperoleh penanganan. IMTB dapat menangani hampir semua jenis keluhan kesehatan yang akan terus dikembangkan kedepannya.

Saat ini, IMTB melayani keluhan kesehatan terkait Ibu dan Anak, Fertilitas, Neuro Center, Genomic Diagnosis, Parkinson, Kanker, dan Robotic Surgery. IMTB juga terus memperluas jaringan layanan kesehatan untuk dapat melayani kebutuhan kesehatan Anda.

IMTB akan terus melakukan kerjasama dengan penyedia layanan kesehatan yang memiliki standar tinggi di seluruh Indonesia agar Anda dapat berlibur untuk wisata medis maupun ketika melakukan perjalanan wisata dan membutuhkan layanan kesehatan kemanapun tujuan Anda.

Tidak hanya itu, IMTB juga bekerja sama dengan unit hotel sebagai akomodasi. IMTB melakukan kerjasama dengan penyedia layanan kesehatan yang memiliki standar tinggi di seluruh Indonesia agar Anda dapat berlibur untuk wisata medis maupun ketika melakukan perjalanan wisata dan membutuhkan layanan kesehatan kemanapun tujuan Anda.

Sejatinya IMTB bekerjasama dengan lebih dari 36 jaringan layanan kesehatan dan 30 jaringan layanan pariwisata di seluruh penjuru Indonesia. IMTB berafiliasi dengan berbagai instansi pemerintahan, mendukung berjalannya program pemerintah, dan memudahkan masyarakat Indonesia untuk mendapatkan layanan kesehatan yang komprehensif.

Baca Juga: Perluas Eksosistem Kesehatan, Bundamedik Berinvestasi di RSJP Paramarta Bandung

Selain IMTB, BMHS memiliki lebih banyak unit medis untuk membantu Indonesia menyebarkan layanan kesehatan secara merata ke seluruh tanah air. Baca kegiatan CSR BMHS lainnya di sini, dan lebih lanjut tentang aset mereka di sini.

LinkedIn
Facebook
Twitter

Stay in touch with us!

Let’s keep you informed with our latest projects and news.