News
Blog 17 June 2021

Satu-satunya di Indonesia, BMHS Digital Healthcare Hadirkan Robotic Surgery untuk Masyarakat

Digital healthcare saat ini menjadi salah satu layanan yang terus dikembangkan dalam dunia medis di berbagai belahan dunia. Dalam dunia medis, keselamatan pasien adalah tujuan utama yang ingin dicapai terutama pada saat operasi. Keselamatan pasien selama operasi bergantung pada beberapa faktor, misalnya saja faktor ketepatan sayatan yang mempengaruhi keberhasilan sebuah operasi. Dokter yang mengoperasi pasien juga perlu meminimalkan robekan dari sayatan tersebut agar mengurangi rasa sakit pasca operasi.

Keberhasilan dalam proses operasi juga dipengaruhi oleh alat-alat medis yang digunakan. Digital healthcare adalah suatu bukti bahwa teknologi alat-alat medis terus berkembang. Layanan kesehatan tersebut berbasis digital dengan memanfaatkan teknologi mutakhir dan teruji, sehingga dapat membantu peran dokter dan tenaga medis pada saat melakukan tindakan medis seperti operasi.

Beberapa operasi memang memerlukan bantuan teknologi yang dirancang khusus untuk dunia medis, salah satunya robot khusus yang sengaja dirancang sedemikian rupa demi melancarkan proses operasi pada manusia.

Digital Healthcare lewat Robotic Surgery

BMHS sejak 2012 menghadirkan layanan kesehatan berbasis digital melalui robotic surgery yang bertujuan membantu ahli bedah. Menariknya, robotic surgery merupakan layanan satu-satunya di dalam negeri yang tersedia untuk masyarakat.

Dalam dunia medis di berbagai negara, rupanya inovasi robotic surgery banyak dijadikan sebagai pilihan selama ini. Hal tersebut memang bukan tanpa alasan karena tindakan operasi membutuhkan tingkat presisi yang tinggi. Bedah robotik dilakukan dengan memanfaatkan teknik sayatan yang lebih sedikit dan presisi (minimal invasive). Langkah tersebut sangat penting bagi keselamatan pasien dan keberhasilan jalannya operasi.

Dengan sayatan yang minimal tentunya pasien dapat kembali melakukan aktivitas lebih cepat. Selain itu masa perawatan pasca operasi menjadi lebih singkat karena sayatan bekas operasi berjumlah sedikit. Operasi robotik dalam digital healthcare merupakan teknik operasi yang bermanfaat untuk meminimalkan risiko. Sesuai namanya, teknik operasi dilakukan dengan memanfaatkan seperangkat alat khusus seperti lengan robot.

Meski pembedahan mengandalkan kecerdasan buatan (AI), operasi pasien tidak sepenuhnya dilakukan oleh robot. Pembedahan pasien tetap dilakukan oleh dokter ahli bedah melalui sistem komputer. Sistem di dalam komputer tersebut tidak berjalan dengan sendirinya melainkan dioperasikan oleh dokter ahli bedah. Sistem komputer berguna untuk mengontrol lengan robot dan ujung-efektor, dan juga telemanipulators untuk inputnya. Dengan begitu, dokter tetap menjadi roda kendali dan pengambil keputusan di setiap pembedahan. Dengan demikian, proses pembedahan yang berlangsung dapat membuahkan hasil lewat dua komponen utama. Seperti komputer pengendali dan lengan robot yang saling terkoneksi satu sama lain di ruang operasi.

Robotic Surgery Berikan Manfaat di Dunia Digital Healthcare

Belum banyak negara di Asia Tenggara yang menyediakan praktik pembedahan robotik. Singapura menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang menyediakan jenis  operasi ini. di Indonesia sendiri, BMHS (Bundamedik Healthcare System) menjadi layanan kesehatan pertama yang menyediakan robotic surgery. Banyak keuntungan yang bisa didapat dari robotic surgery, antara lain.

  1. Meminimalisir sayatan
  2. Meminimalisir kehilangan darah
  3. Mempersingkat durasi rawat pasca operasi dan waktu penyembuhan
  4. Menurunkan angka kesakitan pasien
  5. Meningkatkan kepuasan terhadap hasil operasi
  6. Meminimalisir gangguan pembedahan akibat getaran tangan dokter saat membedah atau menjahit untuk menutup luka. Hal ini diperkuat dengan sistem robotik yang lebih ergonomis daripada tangan manusia

 

Penerapan Robotic Surgery oleh Digital Healthcare BMHS (Bundamedik Healthcare System)

Di berbagai belahan dunia, robotic surgery sudah banyak digunakan untuk membantu proses operasi di berbagai cabang ilmu, seperti Kebidanan, Onkologi, Urologi, Bedah Thorax, Bedah Orthopedi. BMHS (Bundamedik Healthcare System) di Indonesia sendiri telah menyediakan robotic surgery untuk langkah awal tindakan di bawah ini.

  1. Myoma Uteri
  2. Kista Ovarium
  3. Hysterektomi (angkat rahim)
  4. Dll

 

Selama hampir 9 tahun, BMHS (Bundamedik Healthcare System) sebagai pelopor bedah robotik di Indonesia terbukti sukses menangani lebih dari 500 tindakan operasi. Robotic surgery (bedah robotik) ini diharapkan bisa terus dikembangkan sehingga mendorong digital healthcare di Indonesia.

LinkedIn
Facebook
Twitter

Stay in touch with us!

Let’s keep you informed with our latest projects and news.